Menu Click to open Menus
Home » Wisata » Potensi Agro Wisata di Aceh Singkil

Potensi Agro Wisata di Aceh Singkil

(195 Views) October 31, 2019 2:27 pm | Published by | No comment

Agrowisata dan Eduwisata di Aceh Singkil.

Jambu jumbo Singkil - Objek wisata agro di Simpang Kanan Aceh Singkil

Setiap hari ada produksi buah naga premium dan jambu jumbo di Singkil. Tiap hari ? Ya. Setiap hari. Penulis mendapat informasi ada seorang pemuda di Singkil yang memiliki kebun dengan produksi jambu dan buah naga premium di Singkil.

Pemuda tampan berkulit hitam manis ini telah memulai usahanya sejak 5 tahun lalu. Ya, sekitar 2014 kebun seluas 250 meter persegi ini dibukanya. Penulis tertarik untuk mendokumentasikan di Aceh Singkil Info agar karya anak muda ini dapat menginspirasi pemuda dan pemudi lainnya di Singkil.

usaha kebun buah singkil

Usaha yang dirintis dengan memanfaatkan halaman rumahnya bisa menjadi cikal bakal sebagai wisata agro dan wisata edukasi. Hal ini dapat menjadi ‘sesuatu’ untuk Aceh Singkil sendiri. Dari percakapan via WA, penulis dapat mengenal pemilik kebun sebagai seorang yang sederhana dan senang berbagi ilmunya.

Pemilik kebun buah ini bernama Denny Ardiansyah. Memiliki semangat untuk menjadi seorang pria mandiri dan bermanfaat di Aceh Singkil. Pria tamatan SMAN 1 Lampeneurut Darul Imarah Aceh Besar – Banda Aceh ini memulai usaha ini dengan alasan yang sangat sederhana. “Iseng-iseng melaksanakan hobi namun dapat penghasilan” jawabnya ketika penulis bertanya apa alasannya membangun bisnis kebun buah.

jambu jumbo singkil

“Apa saja buah yang adinda tanam di kebun adinda tersebut” tanya saya.

“Saya geluti bertanam buah-buahan tropis yang banyak permintaan di masyarakat bang” jawabnya.

“Ada buah naga dan jambu bang”. “Namun buah naga yang kita kembangkan di sini adalah jenis Belgium atau hasil dari pertanian Malaysia kalau buah naganya bang. Jambu citra jumbo seperti yang saya posting di facebook” sambungnya.

Pemilik kebun di desa Pertabas Kecamatan Simpang Kanan / pinggir jalan Lintas Lipat Kajang Sibolga ini dapat memanen buah naga sekitar 20 – 25 kg per minggunya. Sebenarnya bisa panen buah setiap hari, namun Denny lebih memilih menjaga kualitas produksi dengan mengatur panen hanya seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Usaha pemuda 27 tahun ini telah menghasilkan jutaan rupiah perbulan saat ini. Rasa malu dan risau setamat SMU karena menganggur telah sirna. Tentu rasa bermanfaat dan bersyukur mulai tumbuh dalam dadanya. Kegiatan yang halal ini tentu juga mendapatkan ganjaran dari yang Maha Kuasa. Insyaallah.

“Silahkan berkunjung bang”. “Pengunjung saya sediakan jus dan camilan disini”. Tentu yang lebih penting adalah akan disharingkan ilmu bagaimana cara bercocok tanam seperti yang telah berhasil dilakukannya. Ajakan yang sulit ditolak sebenarnya. Namun kita terpisah jarak cukup jauh. Insyaallah ada kesempatan kita akan diskusi secara tatap muka.

Untuk wisatawan dan teman yang ingin menikmati buah jambu jumbo dan buah naga organik di Singkil silahkan berkunjung ke lokasi tersebut.

Info lengkap dapat menghubungi langsung pemilik kebun buah : Denny +6285360919831.

Kami sangat mengapresiasi usaha adinda ini. Kami tau, usaha adinda untuk bisa seperti sekarang tentulah luar biasa. Kendala, tantangan dan masalah pasti adinda alami dan lalui hingga bisa seperti saat ini.

Kami doakan usaha kebun buah ini sukses terus, berhasil guna dan menjadi inspirasi untuk pemuda di Aceh Singkil khususnya. Amin.

 

 

No comment for Potensi Agro Wisata di Aceh Singkil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You might also likeclose