Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kuliner » Pinukuik Camilan Pagi di Singkil

Pinukuik Camilan Pagi di Singkil

(320 Views) August 23, 2018 1:11 am | Published by | No comment

Pinukuik Singkil.

camilan singkil

Pinukut atau biasa juga disebut pinukuik oleh warga setempat. Olahan berbahan baku tepung beras ini setiap pagi selalu dicari oleh warga Singkil untuk sarapan. Penulis belum dapatkan sejarah awal mula adanya camilan dengan rasa manis dan gurih ini. Tahun berapa atau zaman kapan mulai adanya pinukuik/pinukut tersebut.

Penulis mendapatkan info bahwa di Sumatera Barat juga ada penganan kue sejenis. Mungkin saja pinukut ini berasal dari Sumatera Barat mengingat sejarah Singkil juga tak terlepas dari Sumatera Barat.

Pinukut Berbahan Dasar Tepung Beras.

Kue khas Singkil ini dibuat dari tepung beras. Dicampur dengan air, sedikit gula dan garam. Adonan dimasak diwadah yang berbentuk bulat. Pembakaran wadah menggunakan kayu bakar. Tentu panas yang rata menimbulkan aroma yang harum.

Pinukuik dapat dinikmati dengan kuah santan nan gurih. Walaupun sebagian orang suka tanpa kuah santan. Sangat cocok dinikmati dengan kopi atau teh. Di Singkil kue ini tersedia di pagi hari.

Lokasi untuk membelinya di Desa Kilangan, persis dekat pintu masuk pemakaman desa Kilangan.

Penulis akan melengkapi informasi kuliner ini dikemudian hari :) Jika teman pembaca berwisata ke Pulau Banyak atau rawa Singkil, kue pinukut ini dapat sebagai pilihan bekal dalam perjalanan. Penulis yakin, penganan ini layak dicoba mengingat tak setiap wilayah memilikinya.

Mudah untuk mendapatkannya. Lokasinya penulis yakin, setiap penduduk asli Singkil tau, yang paling penting membelinya diwaktu pagi hari. Waktu terbaik pukul 6. Mengenai harga dijamin murah.

Selamat mencoba :)

 

No comment for Pinukuik Camilan Pagi di Singkil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You might also likeclose